Tulisan : Haruskah aku dibeli??

Pertanyaan klasik, karena aku memang asli orang Pariaman. Walaupun aku lahir dan dibesarkan di Jakarta, tapi kedua orang tuaku berasal dari Kota Pariaman Sumatera Barat.

Pariaman dan sekitarnya terdiri dari Kotamadya Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman, terkenal dengan budaya dan adat istiadat yang khas yang tidak dimiliki oleh daerah lain di Sumatera Barat atau di daerah lain di luar Sumatera Barat. Adat itu adalah ketika dalam pernikahan di mana mempelai pria “dibeli” atau “dijampuik” dalam istilah Minangnya. Ini terjadi ketika menjelang hari “H” akad nikah. Lazim dalam masyarakat minang pihak mempelai wanita-lah yang terlebih dahulu meminang pria untuk dijadikan mantu walaupun sekarang ini bukan lagi sesuatu yang baku. Pada saat acara peminangan itulah biasanya terjadi kesepakatan antara kedua pihak mengenai biaya penjemputan mempelai pria di hari pernikahannya. Apakah itu berupa uang 10 juta, 20 juta, 100 juta, dst ataupun berupa barang mewah seperti mobil Avanza, Innova, BMW, Ferrari, Mobil Balap dan lain-lain, biasanya tergantung juga dari tingkat pendidikan dan kebangsawanan si mempelai pria. Tentunya semua biaya ditanggung oleh pihak keluarga mempelai wanita. Perlu dicatat ini merupakan kesepakatan yang diterima oleh kedua pihak tanpa paksaan dari pihak manapun. Jadi Sebelum akad nikah dilangsungkan, uang dan/atau barang tersebut ditukarkan dengan mempelai pria. Dari sinilah muncul istilah “dibeli atau dijemput”. Memang istilah ini terkesan berkonotasi negatif, tetapi itulah adat yang sampai saat ini masih berlaku di Pariaman.

Ketika kutanya kepada kedua orang tuaku apakah mereka menggunakan adat tersebut mereka menjawab tidak. Ayah dan Ibuku menikah sekitar tahun 68-an dan mereka menggunakan adat Minang tetapi dengan menghilangkan adat penjemputan tersebut. Bayangkan, di tahun 1968 saja sudah ada orang yang berpikiran untuk tidak menggunakan adat tersebut apalagi di jaman sekarang!

Ketika aku berdiskusi dengan kedua orang tuaku mengenai adat penjemputan ini, mereka berkata bahwa istilah pria yang “dibeli” dalam adat pernikahan orang Pariaman sering dipahami secara parsial. Padahal itu hanya salah satu bagian dari rangkaian adat istiadat berikutnya. Karena setelah pernikahan dilangsungkan ada adat yang disebut “Manjalang” atau “Menjelang” yaitu kunjungan pertama pihak mempelai wanita kepada pihak mempelai pria. Dalam kunjungan itu keluarga mempelai pria memberikan sejumlah barang berharga (biasanya berupa emas) kepada mempelai wanita yang nilainya harus lebih besar dari biaya penjemputan mempelai pria ketika di awal pernikahan. Sekarang, Ayo tebak!! Siapa lebih untung pihak keluarga pria atau wanita??? Hehehe…Tapi menurutku ini bukan persoalan untung rugi tetapi persoalan keikhlasan memberi dan menerima tanpa paksaan.

Jadi mau pilih yang mana?? Mau beli aku dengan harga yang tinggi tetapi nanti setelah pernikahan diadakan adat “Manjalang” (yg nilainya lebih tinggi) atau tidak pake adat ini sama sekali??? Gak rumit kan?

15 respons untuk ‘Tulisan : Haruskah aku dibeli??

  1. Makasih buat tulisan webx,jd nmbh pngetahuan.
    Aq mo tnya,emg harus y orang padang menikah dengan orang padang juga?
    apa g boleh orang padang tu nikah ma orang dari laen daerah?
    mksh…..

  2. mksh jwbanx,iya bner sich..emg g hrus d pkskan
    tp……maap kl aq smenyangkal,spertix adat seperti itu memang msh melekat kuat bagi orang padang.Buktix pcrq dyg org padang d jdohkan ma org padang jg&akhrx qt hrus brpisah.Mnrut sdra gmn?

  3. hmm,,, bener bgt tuh buat kang arif.. 😀
    cowokku juga org minang sich.. minang tulen malah 😐
    aku juga sempet agak ilfil denger kabar2 dr org luar yg nikah sama org MINANG tuh ribet nya masya Allah n bikin kanker 😀
    apalagi tetangga aku perempuan udah ada yg jd korban :s
    sampe dia ckrg jd janda lohh…gara2 diplorotin sama adat minang :s

    awalnya sich percaya…tapi setelah diskusi sama cowok aku sendiri,, ternyata gg kayak gt jg kok… dia gak pakai adat seperti itu..
    malah dia tanggung jwb bgt sama aku ^^

    andai ada perubahan tata cara adat disana.. pasti image nya jd lebih baik… kalo aku mah jawa tulen ,, jd ya adatnya sama aja kayak hukum islam… ya gak brad 😀

    n buat @panda : aku kalo yg itu percaya ajah sich sob,, coz emg aku dpt beberapa sumber, ORANG MINANG YANG NIKAH DGN SUKU LAIN TUH MEMPERBURUK KETURUNAN DAN MEPERJELEK

    hadeuhhh kasiann bgt kita2 yehh…kayak dihina bgt sama suku mereka 😀
    egp lah brad.. kalo saran aku sich lo ajak kabur ajah dia nya
    wkwkwkkwwkwwkwkwk

  4. aku punya info nih
    ternyata itu adat minang sebelum ada islam..
    jadi yg seperti itu adat yahudi..
    jd yah pantes ajah kok agak beda 😀

  5. wkwkwwkwk ,,,
    buat kang angga : hmm bener bgt tuh kang.. aku setuju deh 😀 … emg sich awalnya agak ilfil lah.. seolah2 kita nih yg bukan suku sana tuh kayak dihina .. masa cewe disuruh jemput cowo?? apalagi tetangga aku udah jd korban nikah sama org minang.. gg mampu bayar malah dicerai n ckrg janda 2 anak.. wow seremm..

    hadeuhh kalo pake adat minang/pariaman yg kyk begituan,, dibunuh ortu aku nanti.. kebetulan pacarku org minang tulen 😛
    tp alhamdulillah dia sptinya gg pakai adat begituan 😀
    kalo dia pake yg begituan mah kayaknya dia takut aku tinggalin 😀
    malah kebalikannya kang..

    buat panda : ngapain takut bro.. diajak kabur ajah lah 😛 hmm menurut aku sich kalao emg cinta n jodoh,
    kita pasti bisa bersama org yg kita cinta itu.. dan emang aku udah dnger bnyk info dr temen2,
    istilah “NIKAH DENGAN ORG YG BUKAN SESAMA SUKU MINANG AKAN MEMPERBURUK KETURUNAN,dan memperburuk semua
    deh buat kebaikan adat minang”
    mungkin yg dimksd tuh kyk bikin malu adat sana kali yehh.. |)
    seolah2 kita yg bukan dr sono dihinaaaa bgt 😦
    andai adatnya dpt diubah pasti akan memperbaik image suku tsb..nikah aja kok ribet sich.. masya Allah :s

    egp lah..emang gw pikirin 😀
    coz pacar saya payakumbuh.. kayaknya gg pake adat2 jemput2 kayak gt 😛
    misalkan pake, dia gak mungkin mau 😀

    hmm thanks kang infonya 😀

  6. ibarat membaca Al-qur’an, yang di baca bukan artinya melainkan apa makna yag terkandung didalamnya.
    kalau kata2 “suku” di minang sama dengan “marga” di Bataknya. dulunya ada 2 suku diminang “koto piliang” dan bodi caniago” namun sekarang sudah banyak bagiannya lagi. Jadi di minang tidak di benarkan menikah dengan suku yang sama, alsanya juga sangat logis sekali dan say yakin teman2 bisa mencari tahu. namun di minang memang kebanyakan masyarakatnya menyuruh anak-anaknya untuk mencari pasangan yang berasal dari minang. kenapa demikian?? karena pernikahan bagi masyarakt minang itu bukan hanya mempersatukan antara calon suami dan calon istri saja, melainkan seluruh saudara2 dari kedua mempelai. jadi coba di analis mana yang lebih mudah mendekatkan suatu kelompok yang sudah saling mengenal dengan kelompok yang tidak saling mengenalsama sekali?. nah,, pasti kelompok yang sudah saling kenal kan.
    namun tidak menutup kemungkinan kelompok yang tidak saling mengenal itu tidak dapat dekat. jadi itulah salah satu alsan kenapa orang minang cendrung menikah dengan orang yng berasal dari minang juga. tapi juga banyak kok orang minang yang menikah dengan orang bukan berasal dari minang.
    jadi stereotip seperti itu sebaiknya di hilangkan agar terjalinya hubungan yang baik
    🙂

  7. binggung kalo turutin kemauan ortu.. Tolak tkt durhaka.. Tp demi memperbaiki suku dan adat istiadat padng.

  8. y bnr bgd crta2 sobt smua itu,, and q skrang lg menglami hal trsbut,pcr q vh org pariaman asli,,and qt b2 dh c0mit pngen merid,tpi keluarganya nentng bgd hbungn qta,pngennya dya dptnya org pdang jga,,trus skrangnya qt lg bngung gmana cranya bwt ngyknin keluarga dya yg dh nentang bgd hbungn qta,apalgi q org sunda asli yg jauh bda bgd sma suku pdang, s0 bwt shbt smua q minta solusinya hrus gmana sya ini?

  9. thanks atas info x nih bray…pcr q dari luang silaut padang bray…tp klo ankx kyai apa jga pke adat g2 y?
    mohon blsanx

  10. Gw juga asli Pariaman dan gw sangat Benciiiiiii dengan adat Uang Hilang.Mungkin uang jemputan kembaliannya akan lebih lagi,…dan anda catat uang jemputan beda dengan Uang hilang.Uang hilang jumlah lebih fantastis dan gak pake Acara kembalian segala (tergantung desanya apa,,,Karna tiap2 desa di pariaman ada sedikit perbedaan adat).

    Lagipun rugi banget gw beli laki2 pariaman (yang masih berpikir KoloT).Mereka itu superior,egois,dan super gengsi.Belum tajir aja sudah pasang harga selangit dan sok Laku.Dan ketika sudah menikah….Menuntut diperlakukan kayak raja,gak mau didebat,merasa paling Benar,dan Gak mau diperlakukan kasar oleh istrinya sekalipun dia udah kasar.Aduh…gw muntah deh..dengar kata seorang Teman cowok sekampung gw..”Cinta mati yo cinta matilah,,,Tapi Uang hilang jalan juo ”

    Betapa pedih hati gw….dalam ekonomi yang pas2an masih juga dibebani dengan Uang Hilang + bayar pesta pernikahan sendiri (padahal tu calon masih terhitung bako mak gw).Sialnya tu tunangan gw…malah nuntut gw bersikap tidak seperti gw adanya,,kalau pengen uang hilangnya mau dia tanggung agak separo.Yo…lah,Cinta mati yo cinta mati.dak guno juo jantan mode tu ka dipakai lamo.,,,,Ambuahan ka lauik lay,lun tantu ka sanang hiduik jo nyo….baru mulai lah mambarek.
    Pada akhirnya…..gw bersuamikan yang mak nya orang pariaman juga ….tapi Open-minded karna besar dirantau.Gak pake bayar malah dia banyak bantu,Tajir dan demokratis pula.
    Adik kedua gw,,,Alhamdulillah juga bakal nikah bukan ma cowok pariaman dan Di beri hantaran oleh calonnya.Semoga Adik bungsu gw…juga demekian.

    Sumpah deh….dengan ekonomi yang pas2an terasa banget berrrrratnya ngebeli suami itu.Sampai harus ngegadaian palak karambia yang di tebus bertahun-tahun plus utang sana-sini.

  11. Setau saya ada yang namanya “uang hilang” dan itu benar2 hilang untuk mamak2 pihak laki2 dan biaya pesta mempelai.
    Kalau uamg Jemputan baru Kembali berlipat2.
    Biasanya uang hilang jutaan-puluhan juta.But… Uang jemputan bisa berupa uang namun biasanya berupa mahar sekian emas murni.

  12. Adat itu sudah ada, sebelum Islam masu ke Minang Kabau, dan @Rangga : inget brother, catet baik-baik yo…Dalam Negri Minang Kabau, tidak pernah sekalipun, ajaran Yahudi, Hindu,Budha, atau kristen…Agam yang pertama kali masuk ke nergi Minang adalah Islam…
    @all : untuk adat laki-laki dibeli itu, akan saya jelaskan, bahwa, semua tergantung kepada pihak laki-laki dan permpuan nya..(komunikasi 2 keluarga)… jika dia tidak sanggup pun, ya tidak harus dipaksakan, ..

    kenapa harus dengan sesama orang minang ? saya udah lebih dari 3 tahun merantau dipulau jawa.. dan pernah pacaran dengan orang Jawa (Joga), dan orang sunda sekalipun… mereka pun menjawab hal yang sama….

    Menikah dengan sesama suku mereka, Jawa sesama jawa, sunda sesama sunda….???
    sekarang jawaban kita untuk pertanyaan itu pasti akan sama…
    Tarimokasih banyak…

  13. Putry@ Jujur ambo agak tasingguang jo pernyataan putri yang Bilang “Adat Minang Memploroti” Jangan menelaah sebuah cara dari sisi luar, Lihat makna yg lebih dalamnya. Tidak pernah Adat Minang memploroti pihak perempuan atau laki2. Sekedar Info untuk yang masih belum paham Tradisi “Bajapuik”/ menjemput mempelai laki2 di Pariaman juga ada alasannya. Memang adat ini dipakai tetapi perlu kaliam catat, garis bawahi dan kasih Huruf tebal setelah uang bejapuik diberikan, Ada lagi acara yang namanya “Menjalang Kerumah Mintuo”. dimana mempelai wanita datang kerumah mempelai laki2. Disana nanti Ibu mempelai laki2 juga akan mengembalikan uang jemputan td kepihak perempuan sama bahkan Nilainya bisa ditambahkan. hal ini dilakukan agar kedua belah pihak sling menghargai keluarga yg telah membesarkan anak2nya. Jadi jangan kalian bilang adat Minang “Memploroti”. Masalah teman anda yang cerai itu bukan gara2 adat, tp emang Pribadi dan kembali ke orangnya sendiri.

    Rangga@ Ndak tagigik lidah kawan ngecek adat Yahudi? Jaan Sasuko hati kawan mangecek. Itu bisa menyakitkan hati orang2 Minang. Agama yg pertama kali masuk di Tanah Minang itu adalah Islam…!!! Jgn kau sembarangan. Adat basandi Syara’. Syara’ basandi Kitabullah. Pahami itu Pepatah Negeri Kami…!!!

Tinggalkan komentar