Tulisan : Momen mengharukan di Film “Sang Pencerah”

Film “Sang Pencerah” mengisahkan tentang awal perjuangan KH. Ahmad Dahlan dalam mendirikan Muhammadiyah, salah satu Ormas tertua dan salah satu Ormas Islam terbesar di Indonesia. Film ini ditayangkan serentak mulai tanggal 8 September di bioskop, tapi aku baru bisa menonton film ini di hari kedua lebaran tepatnya pukul 12.50 di Sunter 21 Sunter Mal.

Ada satu momen dalam film ini yang membuatku menangis terisak-isak padahal aku orangnya tidak mudah menangis. Beneran, kali ini pikiranku kemana-mana menerawang jauh ke masa lalu seolah-olah aku terlibat di dalamnya. Momen pada saat Langgar Kidul tempat KH Ahmad Dahlan dan murid-muridnya belajar dan mengajar diacak-acak bahkan diratakan dengan tanah sehancur-hancurnya. Mereka dianggap menyebarkan aliran sesat bahkan sudah dipanggil kafir. Hatiku menangis, perasaanku sedih, air mataku berlinang tak terhenti, pikiranku melayang ke masa lampau seolah-olah aku berada di sana. Yang terpikir olehku adalah peliknya jalan dakwah yang dilalui mereka, tidak seperti kita sekarang ini. Aku juga membayangkan kejadian serupa menimpa para pendahulu kita Rasulullah Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya ketika berdakwah dahulu kala. Sungguh apa yang mereka alami jauh lebih parah dari itu dan merupakan ujian yang belum tentu kita sanggup menjalaninya.

Para aktifis dakwah saat ini disuguhi dengan fasilitas dunia yang serba lengkap. Sudah selayaknya kita berkaca pada sejarah masa lampau betapa jalan dakwah yang dilalui para pendahulu kita tidaklah mudah.

Kami sadari jalan ini kan penuh onak dan duri, aral menghadang dan kedzoliman yang akan kami hadapi, kami relakan jua serahkan dengan tekad di hati jasad ini darah ini yang penuh ridho di hati (Nasyid oleh Izzatul Islam).

Pos ini dipublikasikan di Goresan Pena/Keyboard. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Tulisan : Momen mengharukan di Film “Sang Pencerah”

  1. bolehngeblog berkata:

    Mau warga muhammadiyah, NU, Persis, dan lain-lain, Ayo nonton film Sang Pencerah…Semoga dengan diluncurkannya film ini, mampu memberikan pencerahan yang positif dalam hidup kita

    salam,
    Bolehngeblog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s