Catatan : Yogyakarta, I’m in love with you

Yogyakarta, untuk keempat kalinya ku kembali dalam waktu kurang dari satu tahun.  Yogyakarta menjadi daerah yang paling sering ku kunjungi di luar Jawa Barat sepanjang hidupku. Tapi perjalanan kali ini sungguh membuatku makin kagum dengan kota ini.  Ini pertama kalinya aku berangkat ke Yogyakarta dengan menggunakan pesawat terbang. Sabtu, 17 Juli 2010, Ini pertama kalinya aku menginjakkan kakiku di Bandara Internasional Adi Sutjipto, satu-satunya pintu gerbang Yogyakarta lewat transportasi udara. Bandara ini memang lebih sederhana, tidak semegah Bandara Soekarno-Hatta atau Bandara Djuanda, tapi kesederhanaan itulah letak keunggulannya.

Bandara ini terhubung langsung dengan dua sarana transportasi massal, yaitu kereta dan bus Trans Yogyakarta (selain taksi dan bus Damri), dua fasilitas yang tidak dimiliki bahkan oleh Bandara sekelas Bandara Soekarno Hatta. Stasiun kereta Maguwo dan Halte bus Trans Yogya langsung terhubung melalui terowongan bawah tanah dengan elevator yang sangat nyaman. Melalui stasiun kereta Maguwo kita bisa memilih tujuan apakah ingin ke pusat kota Yogyakarta, atau ke Klaten dan Solo, dengan menaiki kereta cepat Prambanan Express (Pramex) dengan harta tiket Rp. 9000 sekali jalan.

Dengan menggunakan bus Trans Yogya, kita bisa berkeliling-keliling Yogyakarta dengan tarif Rp. 3000 sekali jalan. Kalau dari Bandara Adi Sutjipto, kita bisa langsung menuju kawasan wisata Candi Prambanan atau tempat lain atau langsung menuju pusat kota Yogyakarta. Ini hanya seklumit contoh yang menggambarkan betapa terintegrasinya pembangunan di Yogyakarta yang manfaatnya langsung dirasakan oleh masyarakat.

Keindahan dan kenyamanan kota Yogyakarta bukan hanya tercermin dari sarana transportasinya, tapi juga dengan keramahtamahan penduduknya, kebersihannya, ketertiban lalu lintasnya, tata kota yang rapi, dan lain-lain. Setidaknya itulah kesan yang tersimpan di benakku bila dibandingkan dengan kota-kota yang pernah dikunjungi.

Kalau aku boleh memilih diantara kota-kota besar di Indonesia yang pernah dikunjungi, aku pasti memilih Yogyakarta

Sepertinya aku mulai jatuh cinta dengan kota ini. I love this city, I like it, I miss it, I’ll be back soon!.

Pos ini dipublikasikan di Yogyakarta. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s