Catatan Perjalanan di akhir 2009 (Bagian III)

Jum’at, 25 Desember 2009

Bangun…bangun udah pukul 2.00 pagi….aku langsung bangun dan terasa dingin sekujur tubuhku. Rupanya aku tertidur pulas tadi malam. Udara terasa dingin sekali, sampai-sampai aku harus melapisi tubuhku dengan kaos, sweater, dan jaket. Perjalanan menuju Bromo segera dimulai…

Kami segera menuju pintu gerbang wisata Bromo-Tengger dengan terlebih dahulu membeli tiket masuk seharga Rp. 6000 per orang. And the Journey began!!!….Perjalanan yang sungguh menyenangkan dan menegangkan dipandu oleh temanku ii yang sebelumnya sudah pernah ke sana. Memecah kegelapan tanpa ada cahaya, hanya lampu handphone yang menjadi sedikit penerang, naik-turun, sampai akhirnya melintasi lautan pasir di tengah kesunyian malam. Kami bertemu dengan serombonan bapak2 setengah baya yang juga tidak tahu arah perjalanan. Seringkali kami dilewati oleh segerombolan biker yang lampunya memecah gelapnya suasana. Tibalah saat memilih antara lurus atau belok kiri, kalau lurus ke pamanjakan, sedangkan belok langsung ke kawah gunung. Segerombolan bapak2 itu lebih memilih untuk lurus, sedangkan kami lebih memilih belok ke kiri karena lebih percaya dengan teman kami, ii.

Kami berlima melewati vihara, kemudian menyelusuri pasir di antara bebatuan besar, sesekali berhenti untuk istirahat, minum, dan foto2. Tampak samar2, aku melihat raut keletihan dari wajah teman-temanku. Sampai akhirnya tibalah kami di anak tangga terbawah menuju kawah gunung. Subhanallah! Target kami untuk mencapai puncak sebelum waktu Shubuh tercapai juga. Alhamdulillah!

Kami mulai menapaki satu-persatu anak tangga tersebut, sambil menghitung jumlah anak tangga. Hore! Aku berhasil sampai puncak, hitunganku pun tidak meleset 253 anak tangga….Subhanallah, Alhamdulillah…kami siap untuk sholat Shubuh berjama’ah dengan Yuli sebagai imamnya. Menunggu datangnya cahaya, membayangkan betapa indah ciptaan-Nya. Allahu Akbar, Allah Maha Besar!!!

Matahari mulai terbit, cahaya mulai tampak, gundukan pasak bumi mulai terlihat, lautan pasir mulai kentara. Subhanallah! Pagi yang indah, keindahan ciptaan-Nya mulai terlihat jelas, tak henti-hentinya aku menyebut nama-Nya, seraya memuji dan Memuja-Nya serta mengucapkan rasa syukur kepada-Nya. Puas sekali rasanya menikmati indahnya pemandangan di sini. Tak satupun sudut yang terlewatkan untuk difoto. Di atas gunung, kami bertemu dengan wisatawan Canada, seorang wanita petualangan yang berwisata ke mancanegara seorang diri. Sesekali kami berbincang dalam bahasa Inggris dan berfoto bersama.

Setelah menikmati keindahan Bromo-Tengger, kami pun turun gunung, karena hari mulai panas, berjalan kaki melewati jalan-jalan yang kami lewati tadi, terlihat indah dan jelas. Kami pun segera mencari rumah makan. Lumayan kenyang dengan harga Rp. 12 ribu, aku makan nasi campur lengkap dengan nasi, sayur, gorengan, dan ayam. Kami kembali ke penginapan untuk istirahat.

Sekitar pukul 11-an kami segera berangkat menuju Probolinggo, sampai Probolinggo sekitar pukul 1 siang, dan langsung cari musholla untuk sholat Jamak Qashar. Kebersamaan kami berakhir di Probolinggo, karena salah satu temanku melanjutkan perjalanan ke Sidoarjo. Sedangkan kami berempat terus ke Malang, dan rencananya akan berangkat ke Semarang dengan naik bis. Dalam perjalanan menuju Malang, aku ditelepon oleh teman sekelas ku waktu di SMA, Albig. Nggak disangka ternyata dia sekeluarga sudah hijrah ke Malang dan bermukim di sana.

Kami berempat akhirnya sampai di terminal Arjosari Malang. Tapi ternyata kebersamaan kami pun terpecah, dua orang melanjutkan perjalanan ke Semarang, dan sedangkan dua orang lagi termasuk aku tetap tinggal di Malang. Alhamdulillah aku bertemu dengan temanku Albig dan bermalam di rumahnya, sedangkan temanku bermalam di penginapan dekat alun-alun kota….(Bersambung)

Pos ini dipublikasikan di Gunung Bromo. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s