Beranda > Gunung Bromo > Catatan : Gambaran Umum Perjalanan ke Bromo ala Backpacker

Catatan : Gambaran Umum Perjalanan ke Bromo ala Backpacker

  1. Berangkat dari stasiun Senen naik kereta Matarmaja pukul 14.00. Pastikan tiket sudah dibeli sebelum itu. Harga tiket kereta Rp. 52.000,-
  2. Kereta Matarmaja akan berhenti agak lama di Cirebon, dan biasanya ada pengumuman jika kereta berhenti sekitar 10 s/d 15 menit. Gunakan waktu dengan sebaik-baiknya untuk buang air kecil, Wudhu, kalau perlu beli makanan.
  3. Kereta akan tiba di Stasiun kota Malang sekitar pukul 8.00 pagi.
  4. Dari stasiun Malang naik mobil jurusan terminal Arjosari dengan tarif Rp. 5000,-. Perkiraan waktu satu setengah jam sampai di terminal Arjosari.
  5. Dari Terminal Arjosari naik bis jurusan Probolinggo dengan tarif Rp. 14.000,- (Perkiraan waktu 3 jam)
  6. Dari Probolinggo, jalan sedikit ke depan. Di sana sudah menunggu mobil berukuran sedang yang akan mengantarkan kita ke Pintu gerbang kawasan wisata Bromo, tarif Rp. 25.000, mobil berangkat jika penumpang penuh. (Perkiraan waktu 2 jam)
  7. Sampai di pintu gerbang kita cari penginapan untuk sehari semalam, tarif penginapan paling murah Rp. 100.000,- per malam.
  8. Jika ingin melihat matahari terbit, berangkatlah sebelum shubuh agar bisa sholat shubuh di atas gunung (perkiraan waktu pendakian 2 jam).
  9. Setelah puas menikmati pemandangan dan foto2, kembali lah ke penginapan sebelum jam 9 pagi dan segeralah check out dari penginapan.
  10. Kemudian kembali ke kota Malang sebelum jam 14.00 untuk segera balik ke Jakarta.
  11. Dibutuhkan waktu 4 hari 3 malam dari Jakarta sampai kembali ke Jakarta lagi. Persiapkan keperluan perlengkapan dan dana secukupnya
  12. Tambahan bagi yang muslim, jangan lupa untuk tetap sholat ya!
  13. Yang mau ikutan ke Bromo siap2 dan nabung ya, Insya Allah tanggal 28 s/d 31 Mei 2010
About these ads
Kategori:Gunung Bromo
  1. eka
    03/10/2010 pukul 06:07

    mas,,mau tanya,,,,dari penginapan ke tempat melihat matahari terbit itu jalan kaki?yg dimaksud tempat melihat matahari terbit itu di puncak gunung bromonya atau bukan?
    trus,,untuk menuju ke tempat melihat matahari terbit itu apa kita melewati padang savana/padang pasir?
    makasih mas…

    • 03/10/2010 pukul 07:55

      iya betul jalan kaki, melewati padang pasir! trus ke puncak Gunung Bromo melewati anak tangga
      tunggu aja matahari terbit di pinggir kawah gunung Bromo..

      Makasih!

      • 23/04/2013 pukul 10:50

        Waktu itu mas brgkat dr pnginapan jam brapa? Trus smpe d puncak bromo jam brapa? Waktu lg jalan menuju puncaknya,bnyak yg lain juga atau hanya rmbongan mas aja,ada org buat ptnjuk arah nya atau memang ada jalur pejalan kaki untk k puncak nya? tlg info nya ya mas,coz sy mau coba brgkat sndiri dri jakarta. Tengs.

  2. wahyuni
    11/10/2010 pukul 15:29

    ituh tiket Matarmaja nya ekonomi atau bisnis atau eksekutif ya??
    untuk satu orang bawa uang 300rb cukup ga ya kira?
    thx atas balasannya ya..

    .wahyuni.

    • 12/10/2010 pukul 08:05

      Matarmaja itu kereta ekonomi..
      300 rb kayaknya cukup kalo untuk ke Bromo doang PP, thanks!

  3. Anjar A
    13/10/2010 pukul 08:26

    mas….mau tanya kita mesti sewa hartop ga ya..???trs klo padang savana,,padang pasir..tengger..semeru itu satu kawasan ato gak..??klo gak ksananya gmana ya..??
    trus kalo mau ke pulau sempu gmana caranya ya..???maaf ya banyak pertanyaan…
    tenks a lot..

    • 13/10/2010 pukul 18:49

      kalo mau cepet ya sewa hartop, tapi kalo pengen menikmati perjalanan lbh baik jalan kaki sekitar 1,5 jam. Setahuku semeru itu beda kawasan, tapi bisa dilihat dari Bromo. Hmm, kalo ke Pulau Sempu blm pernah ke sana, Insya Allah pengen ke sana akhir tahun ini..

  4. Anjar A
    14/10/2010 pukul 08:26

    wowww…..aku sm temen2 juga niatnya mau ke sana + pulau sempu taun baruan,,,tapi udah googling banyak tour dan travel yg nawarin ksana sampe 2 jta…hmmmm….bisa sampe singapur kyaknya klo sgitu…hehehhe…
    masih cari alternatif lain nihhh

  5. 30/10/2010 pukul 08:49

    Pengen banget pergi kesana. Ini ama temen2 dari Lampung lagi ngumpulin duit buat bekal ke Bromo. Itu biaya penginapannya mahal banget ya! Kalo kemah gitu bisa gak ya? ada lokasinya gak? (biar irit gitu, :lol: )

  6. 05/11/2010 pukul 21:46

    emang harus menginap ya? kalo lanjut perjalanan gmn? trims..

    • 06/11/2010 pukul 22:01

      hmmm…gak harus nginep sih kalo memang waktunya pas. kalo kami dulu krn sebelumnya keliling kota Malang jadi sangat letih, jadi harus nginep…

      Trims!

  7. anne
    26/02/2011 pukul 18:12

    hai mas maw nanya donk,,,dari jakarta enaknya naik bis atau kereta yah…trus..homestay terdekat apa ?ada referensi nda ? untuk naik ke bromo,padang savana etc..kita pakai pemandu ga..kira 2 bayar berapa ..mohon di jelaskan yahhh

  8. 13/04/2011 pukul 02:39

    mas, mw tanya klo mau k bromo dr bandung enaknya ke surabaya ato malang? rutenya naek apa j, plus tarif angkutannya. waktu yg baik sekitar bulan ap.untuk masalah keamanan bgaimana, apabila berangkat sendiri. terima kasih,

  9. ian
    03/07/2011 pukul 16:33

    mau tanya klo kira2 dari solo ke bromo berapa jam ya? terus dbromo ada gak ya penginapan yg puluhan ribu aja
    anak kost soalnya jadi cari yg murah bgt
    makasih

  10. yuda sanjaya
    15/07/2011 pukul 22:11

    Mas, kalo sewa hartop harganya berapa ya? Sekali jalan atw pp hartopnya? Trims…

  11. adhit
    19/07/2011 pukul 10:27

    maaf mas saya mau tanya biaya yang harus dibawa berapa y untuk 2 orang?
    saya belum jelas mas rincian-rincian’a
    saya mungkin 3 hari disana mas
    trims…

  12. Ugi
    28/07/2011 pukul 13:36

    Apakah disana pemandangannya begitu amazing? Kenapa harus jam 9 pagi kita balik lagi? Tempat wisata apa aja yg ada disana? Apa istimewanya Bromo dari wisata lainnya? Bulan kapan yang tepat dan cuaca bagus untuk kesana?

    hhehe maap bnyak nanya

  13. adhit
    08/09/2011 pukul 10:43

    mas klo dari jakarta k bromo bajet’a brp y buat berdua?

  14. 13/09/2011 pukul 11:04

    satu kamar untuk menginap bisa menampung berapa orang tuh mas???

  15. 27/04/2012 pukul 01:31

    Assalamualaikum,,, mas mau tanya dong,, perjalanan Surabaya-probolinggo-cemoro lawang-Penanjakan, cemoro lawang-bromo berapa jam ya???

    terus pendakian 2 jam itu dari mana ya?? dari cemoro lawang-pananjakan?? atau cemoro lawang-bromo??

    mohon infonya ya mas ^^

  16. 08/08/2012 pukul 15:31

    Pondok pertaniaan tanjung dibuka untuk umum Sejak maret tahun 2010 ini, pondok pertanian tanjung kami buka untuk umum, dengan meng’informasi’kan melalui “face book” dengan nama: bromo tanjung pondok pertanian info di face book sbb:

    Pondok pertanian tanjung ini, terletak di dukuh: Tanjunng rt.03. rw.03. desa: Baledono. kec: Tosari. kab: Pasuruan Ja-Tim. (Km. 99. dari Surabaya) km 99 itu tertera di pal penunjuk km di jalan raya depan pondok pertanian , kurang lebih 7 km sebelum kec: Tosari. Akses menuju pondok pertanian tanjung: dari ‘Pasuruan’ ambil arah malang smp di ‘Warungdowo’ (-+ 7km), belok kiri smp ‘Ranggeh’ belok kanan menuju ‘Pasrepan’ terus saja smp ‘Puspo’ terus saja melewati hutan2 mahoni dan pinus smp dukuh ‘Jonggo” terus sedikit melewati hutan pinus smp ketemu rumah pertama lansung belok kiri turun kebawah, ” Podok Pertanian Tanjung” terletak di sebelah kiri jalan dr pasuruan di Km.99 .

    @.kamar los + 2 km mandi luar kapst: 8 s/d 16 orang, cukup memasukan dana “sukarela” ke kotak dana perawatan pondok pertanian. (tanpa tarif)
    @.kamar utama + km mandi dalam + perapian, kapst: 2 s/d 4 orang. Rp.150.000,- / malam.

    *.fasilitas:.dapur,. kulkas,. ruang makan,. teras (4 x 12 m),. halaman api unggun,. tempat parkir unt . . 6 mobil,. kebun sayur.
    *.bisa masak sendiri dng menganti LPJ dsb..Rp.30.000,-
    *.bisa dimasakan menu sederhana Rp.20.000,- 1x.makan. (.bisa nego dgn ibu Sulis.)

    # untuk informasi hub: 081553258296 (Dudick). 0343-571144 (pondok pertanian). 081515178232 ( Elie – Sulis )
    Sejak beberapa bulan kami informasikan di dunia maya, ada beberapa tamu yang datang salah seorang tamu sms ke kami demikian: Terima kasih pak, pondok pertanian tanjung di buka untuk umum, menyenangkan sekali bermalam disana, dengan ditemani anak2 kecil dukuh tanjung suasana jadi rame, pelayanan mbak Sulis yang ramah dan kekeluargaan jadi pengen balik lagi ke tanjung

  17. 22/10/2012 pukul 17:06

    Traveling saya terakhir ke Ranu Pane cukup menyenangkan, terlebih melewati jalur via Malang yang melewati perkebunan apel dan panorama alam.
    Trims sudah berbagi info :)

  18. Lutfi
    10/01/2013 pukul 20:33

    Mas mau tanya kalo buat solatnya itu diatas gunung mksdnya diatas gunung bromo atau di pananjakkannya ya? thanks, mohon bgt infonya..

    • 11/01/2013 pukul 21:34

      iya pada waktu itu kami sholat shubuh di di atas gunung Bromo, bukan di Pananjakan…

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: